Rabu, 16 September 2015

IESP Jurusanku

Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
     Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan merupakan salah satu prodi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Malang.Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Malang merupakan salah satu program studi di antara empat program studi yang ada di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang. Visi, Misi dan tujuan program Studi mengacu pada Fakultas dan Universitas. Kurikulum berbasis kompetensi yang ada dirumuskan untuk mencapai target Visi, Misi dan Tujuan tersebut. Struktur organisasi program studi terdiri dari Ketua dan Sekretaris Program Studi yang dilengkapi unsur pelaksana program studi yaitu Kepala Laboratorium, Koordinator Minat/Konsentrasi, tenaga Perpustakaan, Koordinator Penelitian & Pengabdian Masyarakat dan Tata Usaha.



KEUNGGULAN & PERKEMBANGAN
  1. Dilengkapi dengan mini bank syariah, mini bank konvensional, laboratorium komputern dan ketenagakerjaan, Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI) serta sarana perpustakaan.
  2. Mahasiswa akan dibekali dengan berbagai pelatihan, seperti pelatihan analisis kredit, operasional bank, pasar modal, ekspor impor, bahasa inggris dan internet. 
  3. Jurusan bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Bank Jatim, BNI'46, BCA, Bank Mandiri Syari'ah, Bank Muammalat Indonesia, Pegadaian dan Pemkot/Pemkab untuk pemagangan Mahasiswa.
  4. Lapangan kerja yang bisa dimasuki lulusan jurusan Ilmu Ekonomi dan Bisnis seperti : Perbankan, Pegadaian, Asuransi, Leasing, Pasar Modal dan Lembaga Pemerintah, BAPPEDA, Kantor Pajak, Kemenkeu, Kemendiknas, dan Perusahaan Swasta serta BUMN.
  5. Mengembangkan secara optimal laboratorium jurusan dalam rangka menghasilkan kualitas lulusan yang memiliki kompetensi unggul dan kompetetif dibidang Industri dan Perbankan serta Perencanaan Pembangunan.
  6. Perbaikan secara berkelanjutan aktifitas pengajaran-pembelajaran melalui pengembangan dan evaluasi kurikulum, pengembangan metodik pengajaran dan pembelajaran yang berbasis pemanfaatan multimedia dan  kemapanan pengukuran kualitas akademik serta adanya jaminan kualitas mutu akademik.
  7. Peningkatan kemampuan mahasiswa melalui pengembangan keahlian entrepreneur, perbaikan dan kelancaran berbahasa inggris, mengintensifkan kegiatan ko-korikuler dan meningkatkan keterlibatan dalam event-event regional  nasional dan aktifitas ilmiah internasional.
  8. Meningkatkan kapabilitas dan komitmen staff/dosen melalui inovasi pendidikan akademik dan peningkatan kompetensi keilmuan melalui peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian masyarakat ,kinerja laboratorium jurusan serta studi lanjut.
  9. Menguatkan fasilitas kinerja laboratorium dan perpustakaan untuk mendukung penguatan secara profesional keahlian dibidang industri dan perbankan serta perencanaan pembangunan.
  10. Meningkatkan kualitas mahasiswa dengan mengundang, mengirim mahasiswa yang berkualitas pada berbagai event, baik regional maupun nasional.
  11. Memperbaiki dan meningkatkan kemampuan akademik profesional dengan mendatangkan bantuan teknik yang memadai, melakukan serangkaian sarasehan konferensi, seminar dan workshop dan meningkatkan sejumlah media publikasi.
  12. Meningkatkan penguatan relevansi melalui kolaborasi antara Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan dengan sektor swasta dan sector lainnya melalui pengembangan aktifitas profesional, on the job training, aktifitas-aktifitas pelatihan secara bersama dan melanjutkan pendidikan alumni.
  13.   Secara aktif dan progresif mencari sumber-sumber dana eksternal guna peningkatan kualitas efektifitas pembelajaran dan penelitian dosen yang berkolaborasi dengan instansi eksternal, serta melibatkan mahasiswa dalam sejumlah penelitian dan pengabdian dosen. 
Sumber Dari
 
    Saya bangga masuk di jurusan Ekonomi Pembangunan, karena peluang kerjanya sangat luas dan besar, contoh kita lulusan IESP bisa masuk di lembaga perbankan, lembaga keuangan, BUMN, kantor pajak, pasar modal dll. Tidak diragukan lagi masuk di jurusan IESP atau bisa disebut juga Ekonomi Pembangunan. (Shenia Nilla Sari)

1 komentar: