Rabu, 16 September 2015

Batu Kota Wisataku

Kota Wisata Batu Malang,Satu yang Terfavorit di Jawa Timur
      Kawasan Kota Wisata Batu Malang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata Jawa Timur yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Ada banyak kegiatan dan objek wisata menarik di Batu Malang. Anda dapat menjumpai suguhan wisata alam yang menarik di sana hingga aneka wisata sejarah, agrowisata, wisata kuliner, dan lain-lain.

      Tahukah Anda, Batu dan Malang adalah laksana dua sisi mata uang dalam lanskap pariwisata Jawa Timur. Wisatawan yang datang ke Batu atau Malang selalu akan singgah di kedua daerah tersebut. Malang memiliki 2 wilayah administratif pemerintahan, yaitu Kotamadya Malang dan Kabupaten Malang. Sementara kota Batu adalah sebuah kotamadya yang berjarak sekitar 15 km dari kota Malang. Saat ini, Batu dinamakan secara resmi dengan sebutan Kota Wisata Batu.


Di masa lampau, daerah Batu merupakan tempat peristirahatan bagi keluarga raja. Hal ini sungguh tak jauh berbeda dengan objek wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi Jogjakarta. Batu memiliki udara yang sungguh sejuk serta mempunyai panorama alam yang menawan. Hal ini lumrah mengingat daerah Batu dikellilingi enam buah gunung. Di Batu, terdapat banyak sumber mata air alami yang mengalir dari pegunungan. Pada awal abad ke-19, daerah Batu telah bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata orang-orang Belanda. Di masa itu, daerah ini terkenal dengan sebutan “De Klein Switzerland” atau Swiss kecil di Pulau Jawa.
Nama Batu sendiri menurut kisah lokal berasal dari seorang ulama pengikut Pangeran Diponegoro yang bernama Abu Ghonaim atau disebut sebagai Kyai Gubug Angin, yang selanjutnya masyarakat setempat akrab menyebutnya dengan panggilan Mbah Wastu. Untuk mempersingkat penyebutan nama ulama ini, masyarakat kerap memanggilnya Mbah Tu, yang kemudian menjadi sebutan Mbatu.
 Baca Juga nih daftar tempat wisatanya:
1. Pesona Alam di Batu
Sebagai daerah yang sejuk dan berada di daerah ketinggian, daerah Batu Malang juga dianugerahi air terjun yang indah, yakni air terjun Coban Rais dan Coban Talun. Air terjun Coban Rais ini terletak di lereng Gunung Panderman, memiliki ketinggian hingga 20 meter. Perjalanan ke lokasi air terjun ini menyuguhkan Anda suasana khas pegunungan yang kental berbalut udara sejuk cenderung dingin. Sementara air terjun Coban Talun berada di Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Batu.
Jika Anda ingin kolam renang, Anda dapat pergi ke Selecta. Selecta ini adalah sebuah tempat peristirahatan yang dibangun sejak era Belanda. Selain kolam renang, di tempat ini juga ada taman bunga, pasar sayur dan buah, taman bermain, hingga tempat berpiknik.
Jika Anda ingin mencoba kolam pemandian air panas di Batu Malang, pergilah ke Cangar yang terletak di Taman Hutan Raya R. Soeryo. Objek wisata Batu Malang yang satu ini kerap dipenuhi dengan kunjungan wisatawan.
2. Agrowisata
Wisata Batu Malang kaya akan aneka wisata perkebunan dan pertaniannya. Anda dapat pergi mengunjungi agrowisata yang ada di sana, seperti Kusuma Agrowisata Batu untuk memetik dan mencicipi langsung buah apel, strawberry, dan jeruk.
Di Batu Malang, Anda dapat mencicipi hasil olahan peternakan yang populer, yakni susu sapi Ganesha. Anda dapat memperolehnya dengan mengunjungi depot susu sapi tersebut yang berlokasi di di depan alun-alun kota Batu. Ini adalah salah satu kuliner Malang yang patut Anda coba. Selain itu, Anda dapat menjumpai aneka jajanan kuliner lainnya di Batu yang menarik.
3. Permainan dan Edukasi
 Di kota Batu, terdapat banyak wahana permainan dan hiburan bagi para wisatawan. Selain wahana, juga tersedia fasilitas edukasi keluarga yang menarik. Beberapa di antaranya yang terkenal adalah Jatim Park Malang, Museum Angkut, Eco Green Park, dan Batu Wonderland.
 
4. Kesejarahan
Kota Batu juga memiliki sejumlah peninggalan sejarah yang populer, baik dari masa kerajaan hingga peninggalan Belanda. Salah satu yang populer adalah objek wisata Songgoriti, terkenal dengan peninggalan candi di masa Kerajaan Singosari pada abad ke-10.
Lokasi wisata ini terletak di lembah Gunung Banyak, menyuguhkan Anda nuansa alam yang begitu sejuk dan asri. Di Songgoriti, Anda juga dapat menemukan kolam pemandian air panas, pasar wisata, hingga kios-kios yang menjual aneka souvenir khas Batu Malang.
Kota wisata Batu juga masih memiliki sejumlah tempat menarik, di antaranya alun-alun kota Batu, Batu Night Spectaculer, dan berbagai tempat kuliner khas Batu. Jika Anda tertarik mengeksplorasi desa wisata di Batu Malang, Anda dapat mengunjungi desa wisata Kunkuk, desa wisata Sumber Brantas, dan desa wisata Panderman.
Jika Anda menyukai petualangan atau hiking, maka pendakian ke gunung Kawi, gunung Arjuno Cangar, dan gunung Anjasmoro di Batu merupakan pilihan terbaik. Jika Anda menyukai sepeda gunung, maka rute Batu yang menanjak pun dapat Anda jajal. Sementara untuk kegiatan arum jeram, Anda dapat menjajal rafting di Kaliwatu. Tak kurang dari itu, kegiatan paralayang pun dapat Anda nikmati di kawasan wisata Batu Malang ini, tersedia mulai dari paket basic hingga paket premium.

Sumber dari

1 komentar: